Apa itu Coefficient of Friction (COF)?




Friction tester singkatnya adalah alat untuk mengukur Coefficient of Friction (COF) tapi kita akan membahas Coefficient of Friction dahulu.

mxd-01.jpg

Apa itu Koefisien Gesekan (COF)?

Koefisien Gesekan (COF) adalah nilai maksimum dari gaya gesekan dibagi dengan gaya normal.  Pengujian Coefficient of Friction (COF) digunakan untuk berbagai bahan dari pelumas, film dan barang rumah tangga (ubin keramik) untuk menentukan karakteristik gesekan material. Secara umum ditentukan untuk menjadi mudahnya dua permukaan (sering dari bahan yang berbeda) saling bergeser. Ini adalah nilai maksimum gaya gesekan yang dibagi oleh gaya normal.


Nilai tak berdimensi dari COF adalah rasio gaya yang diperlukan untuk menggeser permukaan ke gaya yang tegak lurus ke permukaan. COF rendah menunjukkan bahwa permukaan lebih halus, misalnya kurang tahan terhadap gerakan geser. Polimer yang digunakan untuk produksi film biasanya diuji kering terhadap kereta luncur dengan beban yang dikalibrasi.


Jadi kenapa kita harus mengukur gaya gesek terhadap suatu benda?

Kita membutuhkan dan menggunakan alat - alat dalam aktivitas kita setiap harinya, diantara alat - alat itu ada alat yang fungsinya terpengaruhi oleh gaya gesek.

 

Contohnya adalah ban mobil dibuat khusus agar dapat menerima gaya gesek yang besar, hal itu karena fungsi dari ban mobil untuk mencengkram permukaan aspal agar saat kita menekan rem, proses berhentinya mobil lebih kuat.

 

0000260_nac-dynamic-friction-tester.jpeg

 

Ban mobil tersebut adalah contoh kecil dari alat yang kita gunakan sehari - hari, maka dari itu Coefficient of Friction (COF) memiliki peranan penting dalam kegiatan manusia.


Friction tester adalah sejenis alat uji yang digunakan untuk mengukur koefisien gesekan (COF) untuk material. Pada dasarnya, ada dua jenis koefisien: koefisien gesekan statik dan koefisien gesekan kinetik. Koefisien uji gesekan dinilai secara luas untuk peran pentingnya dalam proses produksi, transportasi dan pemasaran.

 

Kami menjual alat yang bisa mengukur Coefficient of Friction (COF) diantaranya : 

 

Jika Anda membutuhkan alat uji Coefficient of Friction atau alat uji lainnya silahkan hubungi kami disini : 

  • Addres : Jl.Radin Inten II No.61 A, Duren Sawit, Jakarta Timur
  • E-mail : sales@anm.com
  • Phone : 021 8690 6782
  • Fax : 021 8690 6781