Cara Kalibrasi PH Meter




pH Meter,cara Kalibrasi pH Meter,pH Spear,Jual Ph Meter,Harga Ph Meter,Cara Kerja Ph Meter

 

Untuk pengukuran yang sangat presisi pH meter harus dikalibrasi setiap sebelum dan sesudah melakukan pengukuran. Untuk penggunaan normal kalibrasi harus dilakukan setiap hari. Alasan melakukan hal ini adalah probe elektroda kaca tidak diproduksi e.m.f. dalam jangka waktu lama.Kalibrasi harus dilakukan setidaknya dengan dua macam cairan standard buffer solution yang sesuai dengan rentang nilai pH yang akan diukur. Untuk penggunaan umum buffer pH 4 dan pH 10 diperbolehkan. pH meter memiliki pengontrol pertama (kalibrasi) untuk mengatur pembacaan meter agar sama dengan nilai standard buffer pertama dan pengontrol kedua (slope) yang digunakan menyetel pembacaan meter sama dengan nilai buffer kedua. Pengontrol ketiga untuk men-set temperatur. Sachet standard buffer, bisa didapatkan dari banyak suplier, biasanya menunjukkan bagaimana nilai buffer berubah dengan temperatur/suhu.


Proses kalibrasi memiliki korelasi dengan tegangan yang dihasilkan oleh probe (sekitar 0.06 volt per pH unit) dengan skala pH. Setiap selesai satu pengukuran, probe dicuci dengan air suling atau air de-ionisasi untuk membuang bekas solution yang sedang diukur, keringkan dengan tissue bersih untuk menyerap sisa air yang dapat mengakibatkan tercampurnya sampel dan mempengaruhi pembacan pengukuran, kemudian dengan cepat terendam dalam solution lainnya. Saat tidak digunakan, ujung probe harus diusahakan dalam keadaan basah setiap saat. Hal ini merendam ujung probe pada cairan asam solution sekitar pH 3.0. Dalam keadaan darurat, air keran yang diasamkan dapat digunakan, tapi air suling atau air de-ionisasi tidak boleh digunakan dalam waktu yang lama untuk menyimpan probe sebagaimana air tanpa ion akan menghisap keluar ion dari probe melalui proses difusi, yang akan mengakibatkan degradasi.


Kadang-kadang (sekitar sebulan sekali), probe dapat dibersihkan dengan pH-electrode cleaning solution; umumnya 0.1 M solution Hydrochloric Acid (HCl) digunakan [1], dengan nilai pH sekitar satu.