Fungsi Weather Station




 

Fungsi Weather Station adalah stasiun yang bisa laksanakan pengamatan dan pengeriman atau mencatat hasil pengamatan parameter cuaca secara otomatis dan secara segera menyebabkan kode-kode yang telah dikonversi. AWS ini bisa bekerja secara individual maupun didalam satu jaringan bersama.

 

Didalam AWS terkandung bagian yang terlampau penting, yaitu microcontroller atau microprocessor, ini merupakan bagian yang berfungsi sebagai otak / pengedali kerja AWS.

 

Didalam AWS, Microprocessor laksanakan kerja sebagai tersebut :

1. Sebagai pengontrol hubungan bersama dengan peralatan luar.
2. Sebagai pengatur kegunaan waktu.
3. Memproses pengiriman data.
4. Memproses knowledge yang dikirim dari sensor.
Berdasarkan penggunaannya AWS dibedakan menjadi :

1. Real-time AWS, merupakan stasiun yang menghasilkan knowledge meteorologi, AWS model ini digunakan untuk pengamatan sinoptic, memonitor suasana bahaya layaknya badai, banjir, air pasang.
2. Off line AWS, merupakan stasiun yang laksanakan penyimpanan knowledge baik didalam maupun diluar peralatan. Pengamat dibutuhkan untuk laksanakan penyimpanan knowledge dan memproduksi data, stasiun model ini umumnya adalah stasiun klimatologi dan unutk laksanakan surve.
Secara hard ware komponen AWS bisa dibagi menjadi sebagian bagian utama :
1. Sensor AWSDigunakan untuk laksanakan pengamatan cuaca, umumnya terpasang terhadap tower meteorologi dan mengakses bersama dengan CPS (Central Processing System) bersama dengan sheilded cable, fibre optic maupun radio link.
2. Central Processing System (CPS)CPS sebagai pengumpul knowledge dan mengkonversinya kedalam komputer, didalam CPS terkandung microprocessor yang laksanakan pengaturan pengolahan knowledge dari sensor, penyimpanan data, dan mentransmisikan data.
3. Peralatan pelengkapBagian ini merupakan penunjang kerja AWS, layaknya : Stabilizer Power Supply, UPS, komputer, printer, seven segment display.
 
Blok diagram AWS
 
Sensor terhadap AWS
Sensor yang digunakan oleh AWS tidak jauh tidak sama bersama dengan sensor yang digunakan oleh peralatan kovensional, cuma saja sensor yang digunakan AWS membawa keluaran isyarat elektronik yang berbentuk analog maupun digital.
Sensor yang digunakan didalam AWS adalah :
1. Analog sensor. Keluaran sensor analog berbentuk tegangan, arus, resistansi dan kapasitansi.
2. Digital sensor. Keluaran sensor berbentuk pulsa atau frekuensi.
3. Inteligent sensor. Didalam sensor terkandung microprocessor dan keluarannya berbentuk digital yang keluarannya melalui serial maupun paralel port.
 
Fungsi CPS

1. Data ProcessingCPS memproduksi knowledge meteorologi yang dikirim oleh sensor cocok format yang diinginkan. 
- Melakukan sampling knowledge dari sensor yang berbeda
– Membuat biasanya yang dibutuhkan (1m, 10m, 1h, 1d)
– Waktu bisa distel secara otomatis untuk sinkronisasi bersama dengan AWS lain
2. Data StorageCPS laksanakan penyimpanan knowledge pengamatan yang telah diproses kedalam memory sementara. 
– Merekam knowledge extreme maupun knowledge reguler yang dibutuhkan.
– Merekam knowledge terkecuali komunikasi bermasalah
3. Data TransmissionUntuk pemakaian knowledge pengamatan jarak jauh, maka CPS ditambah bersama dengan kronologis tambahan untuk mengirim knowledge ( Transmiter) 
– Mengontrol link komunikasi
– Mengirim knowledge kembali, terkecuali berjalan kasus komunikasi.