Apa Itu Mikroskop ?




Mikroskop dan fungsinya,Mikroskop Binokuler,Sejarah Mikroskop,Mikroskop Cahaya,Jenis-jenis Mikroskop,Apa Itu Mikroskop

 

Mikroskop adalah alat bantu manusia untuk melihat benda benda kecil tanpa kasat mata itu sendiri. Alat ini merupakan alat bantu yang dapat ditemukan oleh setiap laboratorium yang digunakan untuk melihat organisme yang berukuran sangat kecil. Ilmu yang mempelajari alat ini bisa disebut dengan mikroskopi. Kata mikroskopik yang artinya adalah sangat kecil, tidak bisa dilihat tanpa kasat mata pabila tidak menggunakan alat mikroskop tersebut.Jenis mikrosoft yang paling pertama di ciptakan yaitu mikcrosoft optis.

 

Alat ini (mikroskop optis) salah satu dari alat optik yang menghasilkan gambar atau objek untuk diperbesar yang di letakkan di  ruang fokal dari lensa yang dimiliki oleh alat tersebut. Berdasarkan sumber cahaya yang di hasilkan oleh mikroskop itu sendiri terdiri atas mikroskop cahaya dan mikroskop elektro. Mikrosoft cahaya dapat dibagi menjadi 2 kelompok bagian yang terdiri dari kegiatan pengamatan dan kerumitan kegiatan pengamatan yang di lakukan.

 

Bagian kegiatan pengamatan juga terdiri atas 2 kelompok yang bekerja seperti mikroskop diseksi yang berguna untuk mengamati bagian permukaan sel, dan mikroskop monokuler dan binokuler  sebagai mengamati isi bagian dalam sel tersebut. Monokuler itu sendiri memiliki 1 lensa okuler  yang dimiliki, sedangkan Binokuler memiliki 2 lensa okuler . Sedangkan kerumitan bagian pengamatan memiliki 2 golongan yaitu seperti Miksoskop sederhana (alat yang di gunakan oleh pelajar dan Mikroskop riset (dilakukan oleh para peniliti).

 

Mikroskop juga memiliki struktur yang pada umumnya menata mikroskop seperti Optik memiliki bagian-bagian tersendiri yaitu kondensor, lensa obyektif dan lensa okuler memiliki lensa cembung yang dimilikinya. Secara ilmuwan lensa objektif menghasilkan bayangan sementara yang memiliki sifat semu, terbalik, dan diperbesar. Non Optik juga memiliki bagian-bagian seperti kaki dan lengan mikrosoft, diafragma, meja obek/meja preparat, memutar halus dan kasar, penjepit kaca objek (preparat), dan sumber cahaya. Mikrosoft  cahaya dan elektro memiliki tujuan yang sama untuk memperbesar objek yang diamati.

 

Pada mikroskop cahaya, bayangan akhir mempunyai sifat yang sama seperti bayangan sementara, semu, terbalik, dan lebih lagi diperbesar. Pada mikroskop elektron bayangan akhir mempunyai sifat yang sama seperti gambar benda nyata, sejajar, dan diperbesar. Jika seseorang yang menggunakan mikroskop cahaya meletakkan huruf A di bawah mikroskop, maka yang ia lihat adalah huruf A yang terbalik dan diperbesar.