Stasiun Meteorologi




 

Perbedaan Stasiun Meteorologi Dengan Stasiun Cuaca - Stasiun meteorologi adalah sebuah bangunan stasiun yang terdapat peralatan dan perlengkapan pengamatan meteorologi. Sedangkan meteorologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat atmosfier seperti cuaca, iklim, suhu, udara, angin, kelembaban, cahaya matahari dan berhubungan dengan sifat fisika dan kimia. Stasiun meteorologi digunakan untuk keperluan prakiraan cuaca atau curah hujan. Stasiun meteorologi berbentuk besar dan hanya dapat memantau perubahan cuaca disatu tempat.

 

 

Sedangkan stasiun cuaca adalah sebuah peralatan pemantauan cuaca yang disatukan dan berberntuk lebih kecil dari stasiun meteorologi namun memiliki fungsi yang sama seperti stasiun meteorologi dan dapat dipindahkan (portabel). Stasiun cuaca mempunyai kerangka yang digunakan untuk menompang sensor pengamatan cuaca (sensor suhu, kelembaban, angin, curah hujan). Saat ini, stasiun cuaca sudah semakin praktis dan mudah digunakan dan terdapat peningkatan fitur-fiturnya.

 

Stasiun meteorologi dan stasiun cuaca mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk memantau perubahan atmosfir dan lingkungan khususnya cuaca. Namun, stasiun meteorologi dan stasiun cuaca mempunyai perbedaan yang signifikan satu sama lain. Berikut adalah perbedaan antara stasiun meteorologi dan stasiun cuaca.

 

Perbedaan stasiun meteorologi dan stasiun cuaca adalah stasiun meteorologi berbentuk bangunan dan biasanya hanya memantau satu wilayah tertentu. Jarak pengamatan terbatas namun dapat mengamati banyak parameter cuaca (suhu, iklim, angin, cahaya matahari, curah hujan dan sebagainya). Stasiun meteorologi biasanya digunakan untuk mengamati cuaca dalam wilayah yang besar dan mempunyai stasiun pusat. Untuk data hasil pengamatan stasiun meteorologi, biasanya diolah terlebih dahulu melalui komputer dan hasilnya dapat dilihat melalui monitor. Saat ini, stasiun meteorologi sudah menggunakan live data sehingga hasil pengamatan dapat dilihat secara langsung dalam waktu bersamaan.

 

Sedangkan stasiun cuaca biasanya berbentuk kerangka yang digunakan untuk menompang alat-alat pemantauan seperti sensor angin, sensor curah hujan, sensor cahaya matahari, sensor suhu dan kelembapan, serta sensor lain jika memungkinkan. Stasiun Cuaca dapat berpindah-pindah dan untuk pemantauan dapat dilakukan di perangkat mobile. Selain itu, stasiun cuaca dapat diletakkan di berberapa titik sehingga dapat melakukan pemantauan lebih luas.

 

Contoh dari stasiun meteorologi adalah stasiun meteorologi jakarta, bandung, atau kota lainnya di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini adalah gambar dari stasiun meteorologi.

 

Sedangkan contoh dari stasiun cuaca adalah RX3000 Weather Station. RX3000 Weather Station adalah alat stasiun cuaca yang terdapat fitur live data dan dapat melihat langsung perubahan cuaca melalui perangkat mobile (laptop atau smartphone). Untuk gambarnya, ada dibawah ini.

 

 

Begitulah penjelasan tentang alat stasiun cuaca, semoga artikel diatas bermanfaat. Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Jika Anda tertarik untuk membeli Alat stasiun cuaca kami menjual alat pengukur cuaca model terbaik,

Kami juga bisa meng-instalasi alat Stasiun Cuaca dan memberikan demo-penjelasan fungsi yang lebih lengkap kepada Anda, jika berminat hubungi kami disini.

 

  • Kantor          : Jl. Radin Inten II No. 62, Duren Sawit Jakarta 13440
  • Telp              : 021 8690 6782
  • Fax                : 021 8690 6781
  • Whats App  : 0816 1740 8900
  • Email             : sales@anm.co.id
  • Website         :  anm.co.id / Alatlabor.com

 

Tags : stasiun cuaca adalah tempat untukapa yang kamu ketahui tentang stasiun cuacapengertian stasiun meteorologi