Fungsi Stasiun Cuaca




 

Fungsi Stasiun Cuaca - Cuaca adalah keadaan atau fenomena yang berhubungan dengan kondisi suhu, temperatur, udara dan kelembaban pada suatu tempat dan pada kurun waktu tertentu. Keadaan cuaca ini umunya selalu berubah-ubah, kadang terjadi kemarau, hujan, hingga turunnya salju.

 

Cuaca umunya terengaruhi oleh tiga unsur seperti angin, air dan matahari, Matahari menghasilkan energi yang mampu mengendalikan siklus daur air sementara angin membawa awan lalu awan tersebut mengandung uap air yang bergerak menuju tempat yang lebih tinggi sehingga terjadi hujan.

 

Cuaca cukup berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Sama halnya saat  musim hujan, udara menjadi agak dingin karena banyak mengandung uap air dan sinar matahari akan berkurang intensitasya karena adanya awan dan air hujan.

 

Apa Saja Pengaruh Cuaca Bagi Kehidupan Manusia?

  1. Pakaian Yang Digunakan

Cuaca berpengaruh terhadap pakaian yang sering kita kenakan. Pada saat musim hujan, suhu udara menajdi semakin dingin. Manusia pun membutuhkan pakaian yang  tebal untuk menjaga suhu tubuh yang diperlukan dan menghindari dari penyakit karena udara yang sangat dingin.

  1. Menjemur Pakaian

Cuaca berpengaruh juga berpengaruh dengan waktu kita menjemur pakaian sehabis dicuci, pakaian yang basah akan cepat keringnya karena terpapar sinar matahari yang terik dibandingkan saat cuaca mendung maupun hujan tetapi dari satu sisi musim kering atau kemarau juga air sangat sulit diperoleh.

  1. Bercocok Tanam

Cuaca berpengaruh ketika musim kemarau atau kering karena pengaruh sinar matahari sangat terasa terik sehingga menyebabkan persediaan air cepat menguap dan tanah pun menajdi kering ha itu akan bedampak pada sector perkebunan terutama tumbuhan yang membutuhkan tanah  yang basah dan banyak air.

      4. Kegiatan Manusia


Hampir 50% kegiatan manusia berada diluar ruangan seperti rekreasi, pembangunan gedung hingga bertani, kegiatan inilah yang akan dipengaruhi oleh cuaca, karena jika cuaca itu sedang cerah tentunya semua kegiatan kita akan lancar tapi jika cuaca sedang hujan atau ada badai pastinya semua kegiatan yang berada di liar ruangan itu akan terhambat karena hujan dan badai.

 

Kesimpulannya bahwa keadaan cuaca sangat berpengaruh kepada aktivitas manusia. Keadaan cuaca dipengaruhi oleh air, angin dan matahari. Saat musim penghujan, hujan akan menghambat aktivitas kita untuk bekerja. Contohnya saat akan pergi ke sekolah atau pergi kekantor tetapi jika cuaca sedang cerah maka aktivitas kita akan lancer selalu.

 

Tak terlepas dari hal itu bahwa kita harus mampu mengamati kondisi cuaca itu sendiri, agar kita dapat berhati – hati dan juga siaga untuk menghadapi berbagai musim. Manfaat dari mengamati cuaca ini kita dapat menentukan apakah hari ini akan hujan tau tidak apakah kita membutuhkan paying atau jas hujan dan tentunya kita dapat terhindar dari penyakit yang akan muncul karena pengaruh perubahan cuaca.

 

Seiring berkembangnya zaman, teknologi semakin canggih dan telah diciptakan alat khusus untuk memprakirakan cuaca. Alat tersebut adalah stasiun cuaca. Stasiun cuaca merupakan alat instrument atau seperangkat alat  yang memiliki fungsi sebagai pengamat suatu kondisi pada perubahan cuacaiklim ataupun keadaan atmosfer pada suatu wilayah tertentu.

Stasiun Cuaca milik BMKG di Bandung

Alat ini dapat merekam perubahan cuaca tersebut dan dijadikan kedalam bentuk data untuk diolah dan diteliti apakah pola angin, suhu dan pergerakan awan yang  akan menyebabkan cuaca buruk atau akan cerah.Hasil rekaman tersebut yang berupa  data akan disimpan kedalam data logger dan untuk dipelajari kembali oleh pengguna atau peneliti sebagai arsip.

Stasiun Cuaca mempunyai komponen-komponen yang digunakan untuk merekam cuaca. Komponen-komponen tersebut adalah:

  • Data logger
  • Sensors
  • Cables
  • Tripod or other mounting system
  • Grounding
  • Solar Radiation Shield
  • Rain Gauge Smart
  • Solar Panel

Cara Kerja Stasiun Cuaca

Cara kerja dari stasiun cuaca ini awalnya alat akan mendeteksi adanya perubahan suhu, temperatur , angin dan intensitas cahaya yang dipancarkan matahari , alat ini juga dapat mengukur kadar kelembaban pada lingkungan bebas. Sensor pad alat ini akan mendeteksi perubahan sekecil apapun  dan merekamnya secara otomatis, kemudian hasil data disalurkan ke data logger melewati kabel dan akan diproses dengan mikroprosessor untuk menyimpan data yang sudah diproses ke dalam bentuk file “log”. File log ini sudah dapat diubah ke dalam bentuk teks ataupun grafik yang nanti akan ditampilkan di web maupun gadget khusus yang terhubung dengan alat stasiun cuacanya.

Dalam pengaplikasian alat ini, stasiun cuaca itu sendiri dapat juga digunakan sebagai pengamatan dan penelitian cuaca untuk pembelajaran. Selain itu, stasiun cuaca atau weather station ini dapat bermanfaat sebagai penelitian cuaca untuk memonitor beberapa bidang yang bergantung pada cuaca dan iklim seperti perkebunan , pertanian, klimatologi, metrologi, ekologi, hingga penerbangan atau penelitian udara lainya

Begitulah penjelasan tentang alat stasiun cuaca, semoga artikel diatas bermanfaat. Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Jika Anda tertarik untuk membeli Alat stasiun cuaca kami menjual alat pengukur cuaca model terbaik, Kami juga bisa meng-instalasi alat Stasiun Cuaca dan memberikan demo-penjelasan fungsi yang lebih lengkap kepada Anda, jika berminat hubungi kami disini.

  • Kantor          : Jl. Radin Inten II No. 62, Duren Sawit Jakarta 13440
  • Telp              : 021 8690 6782
  • Fax                : 021 8690 6781
  • Whats App  : 0816 1740 8900
  • Email             : sales@anm.co.id
  • Website         :  anm.co.id / Alatlabor.com